Minggu, 13 September 2015

Muda Berkarya "Lidi Bhuana Hiking"

Muda Berkarya

   Salam Pramuka, hallo pembaca budiman semoga tetap dalam lindungan-Nya. Sesuai dengan pembukaan yaitu "Salam Pramuka" saya akan memceritakan pengalaman seru di Gerakan Pramuka (Organisasi yang membesarkan saya).
   Pada waktu Raimuna Cabang Kwarcab Sukoharjo, Kwarda Jawa Tengah kita dari Ambalan 01.123 Arjuna - 01.124 Srikandi mengirimkan 1 kontingen yang terdiri dari 8 Arjuna dan 8 Srikandi. Saat pelaksanaan Raicab 2015 juga dilaksanakan Lidi Bhuana Competition II yang dijadikan satu menjadi kegiatan besar se-Kab.Sukoharjo.
Saya Dwi Fitra Prihatno, menjadi anggota kontingen dan mengikuti mata lomba Lidi Bhuana Hiking (Bakoh bro). Lidi Bhuana Hiking biasa disebut LBH terdiri dari 6 peserta tiap kontingen. Dari kontingen kami yaitu :
1. Dwi Fitra Prihatno
2. Leon Alvinda Putra
3. Adib Di'ini A.
4. Faisah Erin A.
5. Berliana Mega
6. Rimadhina Z. C.
Squad LBH

   Kita berenam telah mengikuti Training Center (TC) selama 1 bulan.  Banyak materi yang harus kami kuasa seperti, Sandi (Semapore, Morse, dll), Langkah Pandu (Ini yang paling sulit, harus berlatih siang malam), Toga (Tanaman Obat Keluarga), Pengetahuan SKU, SKK, Pengetahuan Umum, Teknik Packing, Teknik Bermasyarakat, Teknik Berkemah, Teknik Survival, dan P3K. Selain materi kita juga digembleng fisik karena kita saat LBH melakukan pengembaraan 2 hari satu malam.

   Dalam masa TC banyak kendala yang kami hadapi, seperti personil kurang lengkap, kehilangan semangat (Aduhhh), Kurang fasilitas dll. Tapi kita berusaha saling memberi semangat kita berlatih semua materi secara maksimal, sampai-sampai untuk berlatih langkah pandu kita harus muter lapangan SMA N 1 Sukoharjo sekitar jam 10 malam. Kita selalu melakukan evaluasi terhadap hasil latihan.

   Akhirnya pada tanggal 28 Juli 2015 kontingen kita diberangkatkan oleh beliau Drs. Darno selaku Kamabigus SMA N 1 Sukoharjo. Menuju bumi perkemahan Lapangan Klumprit, Mojolaban. Setelah upacara pembukaan kami berenam anggota LBH diberangkatkan dari Main Camp untuk melakukan pengembaraan. Yel-yel dan lagu-lagu pembakar semangat kami selalu dikumandangkan.
Ayo maju, Smansa ayo maju
Ayo maju, Smansa nomor satu
Ayo maju, Arjuna Srikandi
dst..
   Melewati semua pos-pos dan menyelesaikan semua tugas dengan maksimal, akhirnya kami sampai di Subcamp.
Suasana Subcamp (Sore)
   Kami kontingen pertama yang sampai Subcamp, dan usut punya usut Subcampnya bekas kuburan (Seremm, biasa aja --"). Harus segera mendirikan tenda dome dan melaukan aktivitas seperti (Ibadah, Cari air, masak) dan pada malam harinya ada kegiatan persaudaraan yaitu apresiasi film. Lupa judulnya tapi, kalau gak salah judulnya Batas. Suasana hening, ternyata dari kontingen lain udah pada tumbang (tidur). 

   Dipagi harinya kita senam pagi sama prepare melanjutkan perjalanan untuk kembali ke Main Camp.
Susana berembun 

   Setelah itu kita mulai perjalanan kembali menuju Main Camp, kembali kita membara dengan penuh semangat.

   Suasana gemuruh yel-yel menghipnotis kami (Lebay) hingga kami lupa dengan lelahnya perjalanan. Sampai akhirnya kita sampai di Main Camp kembali dengan wajah hitam maksimal.
At Main Camp
   Namun perjuangan kita terbayar lunas karena saat pengumuman juara, kami mendapat juara 1 Lidi Bhuana Hiking se-Kwarcab Sukoharjo.
Ini pengalaman saya, boleh kok kalian share pengalaman kalian.
 Salam Pramuka
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar